Sunday, March 30, 2008

Pingin, Tapi Nggak Despo!

Pernah nggak sih ngalamin situasi kayak gini... kamu pingin banget sesuatu, sampai idam-idamin siang-malam, bangun-tidur... pokoknya pinginnn banget deh. Tapi "sesuatu" yang kamu pinginin nggak bisa kecapai.

Lama-lama kamu capek, whatever lah. Mau dapet ya syukur, nggak ya bodo amat. Eh tahu-tahu, langsung dapet.... Inggrisnya sih "you will get something when you expect it the least" atau kalau diterjemahkan secara bebas "kamu bakal dapet sesuatu ketika (kamu) nggak gitu mengharapkannya".

Contohnya dulu aku pernah lagi pingin banget ngajar.. emang sih ngajar itu selain bayarannya oke (1 jam bisa dapet $30), emang cocok sama personaliti aku yang suka berbagi pengetahuan (ini cara yang halus buat bilang "sok tahu" =P). Jadi pas ada orang nawarin kerjaan ngajar bahasa Indonesia, aku terima langsung dengan senang hati. Berbekal bahasa Indonesia di raport yang gak pernah lebih bagus dari bahasa Inggris, apply aja tuh kerjaan. Udah aku tunggu-tunggu, eh, orangnya gak pernah hubungin lagi. Aku jengkel sih tapi ya gimana lagi. Akhirnya udah semangat ngajarnya mulai gak berkobar-kobar, ada lagi tawaran... Akunya biasa aja. Malah dapet deh dan ngajar 20 jam, dapet 600 dollar total.. lumayan khan?

Makanya aku sekarang gak mau terlalu berharap sama sesuatu walau kepingin banget. Takut gak dapet, terus sakit khan? Jadi biasa aja. Dapet ya syukur, nggak ya masih banyak kok hal lain yang bisa dikerjain tanpa itu. Jadi istilahnya, gak despo gitu.

Aku coba jelasin pakai sesuatu yang sedikit berbau alkitab nih... Pas Yesus hampir wafat di kayu salib, pas Dia berdoa di Taman Getsemani, Dia berkata sama Allah "Ya Allah, kalau Engkau berkenan, jauhkanlah piala ini dari pada-Ku, tapi bukan kehendak-Ku yang terjadi melainkan kehendak-Mu". Jadi Yesus disana menunjukkan sifat kemanusiaannya, yaitu choosing something which is less painful. Tapi Dia sadar, kalau Dia emang sudah ditakdirkan untuk disalib, dan Dia berserah sepenuhnya kepada Allah.

Jadi, saat kita misalnya pingin dapet sesuatu, kita bisa doa "Tuhan, aku pinginnn banget dapetin itu. Tapi kehendak-Mulah yang terjadi. Aku tahu kok, Engkau pasti tahu apa yang terbaik buat aku." - pendekatan ini lebih nggak bikin stress kan?

2 comments:

Anonymous said...

bukan pingin tapi pengen... hahahaha

ponQ ponQ said...

errrr namanya juga manusia pasti ada rasa kepingin.. wajar.. dan meski ngga kesampean ya.. tetep aja..itu manusiawi kok