Wednesday, March 19, 2008

Cerpen: Pedih (chapter 3)


Juli 2004


Ini udah 1 bulan kita pacaran. Jangan pikir kita pacaran gaya anak muda yang CUIHH, sori ya gak bermaksud ngejek, tapi masih minta uang dari ortu aja udah gayanya kayak bos gitu. Gue tahu mobil gue buatan tahun 1998, tapi ini hasil keringat gue sendiri. Rumah gue belum lunas ngangsurnya, tapi ngangsurnya pakai uang sendiri juga. Kalau gue mau, gue bisa makan enak tiap hari, tapi ngapain coba, mending gue sumbangin buat charity.. hihihi, gara-gara efek si N nih gue jadi suka nyumbang.

Dan layaknya pengantin yang baru married, kita ketemuan tiap hari, berjam-jam. Gue ngorbanin waktu tidur gue, gak masalah, demi si dia. Hihihi. Udah ngobrol 3 jam, pulang telpon lagi 2 jam. Pulsa meledak? Oh tentu tidak, kan gue pakai IM3 hihihi (gue bukan promosi lho haha)

Tapi satu hal yang gue gak habis pikir, dia gak mau diantar ke rumahnya, katanya bokapnya sangat konservatif sama anak masalah pacaran. Gue pernah bilang ke dia, ngapain ditutup-tutupin, gue berani kok langsung ketemuan sama keluarganya dia. Gue udah mapan, umur udah cukup dewasa, jadi apanya yang perlu ditutup-tutupin? Tapi dianya cuman tersenyum bilang, "percaya gue deh, (ini) belum waktunya."

Maybe she has a reason. Let be it.

Sampai suatu hari, gue dapat kabar mengejutkan dari dia, kalau bokap-nyokapnya bercerai. Dan dia jadi berubah 180 derajat, jadi pemurung banget.


Desember 2004

N nanya ke gue... "Rand, kenapa sih cowok selalu nyakitin hati cewek?". Gue terhenyak, dalam hati gue mikir, kayaknya cewek deh yang suka nyakitin hati cowok, tapi tentu aja gue gak bilang gitu ke dia.

"Maksud lu apa N?"

N gak menjawab. Lama sekali. Dan dia menangis. Gue jadi serba salah.

Lalu N bilang "Rand, kalau ada orang yang nyakitin gue, apakah lu akan membela gue?"

Gue gak nyampe 2 detik langsung jawab "Ya iyalah, lu kan cewek gue."

N tersenyum tipis, lalu dia bilang "Rand, gue kadang iri sama cewek-cewek lain."

Gue bilang ke dia "Lu iri apanya sih N, lu udah cantik, pinter, baik... apa sih yang kurang dari diri lu?"

N nggak menjawab lama sekali... sampai akhirnya dia bilang "Rand, suatu saat lu pasti akan tahu kenapa gue ngomong gini, bahwa tiap malam gue nangis, kenapa gue kok hidupnya kayak gini."

"Kayak gini gimana?" tanya gw. Dan N bilang kalau dia capai dan mau pulang saja. Gue gak berani ngomong lagi. Dia telpon taxi, seperti biasanya.


Juni 2005


Ini 1 tahun sudah kami jadian. Dan gue sudah pesen 1 meja di restoran Perancis paling romantis sekota. Bonus gue 2 bulan habis deh buat makan malam, tapi nggak papa, apa sih yang nggak buat si N. Nggak kayak biasanya, N nggak complain kenapa makannya mahal-mahal, apa nggak mending sumbangin charity aja. Dia bilang ke gue "kalau gue mati besok, at least gue udah pernah ngerasain makan di restoran Perancis sama orang yang gue cintai."

Setelah minum wine, kita pulang ke rumah gue, karna dia bilang, nyokapnya lagi urusan bisnis di Thailand, jadi dia kesepian di rumah. Gue sih oke aja.

Dia mabuk berat, dan terus terang, gue juga sedikit mabuk, tapi gue musti control minumnya karna gw nyetir. Sesampai di rumah gue, dia langsung tidur. Gue pikir "buset nih anak, kayak di rumah sendiri aja".

Pagi-paginya, pas gue bangun, dia udah nggak ada di rumah gue. Handphonenya mati, telpon rumahnya nggak ada yang jawab. Ada apa dengan N? Gw baru keingat ucapannya dia "Kalau gue mati besok, at least gue udah pernah ngerasain makan di restoran Perancis sama orang yang gue cintai." GOSHHH!!!!! Ya Tuhan, tolong lindungi N. Tolong Tuhan...
Gue pernah ngerasain gimana cemasnya ngejar deadline majalah, tapi sekarang gue baru tahu gimana cemas karena cinta.

No comments: